Sunday, 2 March 2014

Cara Instal Windows 8

0

Bagi yang masih belum tahu Cara Instal Windows 8, baik memakai CD/DVD ataupun memakai USB flahdisk, berikut langkah2 untuk menginstall edisi pratinjau pengembang windows 8 dari microsoft.
Jika ada rencana untuk membuat dual booting, pastikan anda menyediakan partisi primer lebih dari 20GB. dan jika ada rencana untuk instalasi bersih, pastikan backup dahulu file2nya kemudian baru diformat harddisk C nya, lalu install bersih windows 8 nya.

Sebelumnya bagi teman-teman yang ingin menggunakan Flashdisk sebagai media instalasi silahkan lihat panduannya disini!

STEPS:
1. Setting BIOS sebelum melakukan instalasi, caranya pada saat computer atau laptop anda menyala dan terus tekan tombol Del, atau F1, atau F2, atau Esc agar masuk ke BIOS Setup. itu dikarenakan setiap computer atau laptop berbeda-beda cara masuk ke pengaturan BIOSnya. Setelah itu atur Boot atau kalau tidak ada Boot Priority, setingglah agar DVD-Room teratas. Carilah anda dimana pengaturan BIOS setiap merknya berbeda-beda tampilannya. Setelah itu Save & Exit 
2. Pastikan sebelum komputer merestart anda sudah memasukan DVD Windows 8 atau USB Installer kedalam DVD Drivenya. Setelah restart akan muncul tulisan Press any key to boot from CD or DVD... dan tekan sembarang tombol di keyboard.

3. Akan muncul jendela hitam seperti gambar di atas dan tunggu hingga loadnya selesai.

4. Setelah itu kita akan dihadapkan dengan pengaturan bahasa, waktu, dan input keyboard. Setelah di setting lalu klik Next.

  1. Sekarang klik pada “Install Now” untuk melanjutkan

  2. centang “Accept the terms and conditions” dan kemudian klik “Next”.

  3. Disini kita bisa memilih opsi apakah ingin meng-upgrade windows kita ke windows 8 Edisi Developer atau ingin melakukan instalasi bersih. Pilih Custom (Advanced) untuk melanjutkan instalasi bersih.

  4. Pada layar ini Anda dapat memilih drive yang ingin Anda instal, di sini kita memiliki kemampuan untuk mengelola disk, format, membuat partisi dll Jika Anda berencana untuk men-setup Dual boot maka Anda dapat memilih drive yang berbeda. Setelah Anda mengkonfigurasi drive klik “Next”

  5. Itu saja sekarang akan dimulai proses instalasi, tunggu sampai selesai yang mengambil waktu 10 menit sampai 1 jam tergantung pada konfigurasi Hardware.

  6. Setelah itu menyelesaikan instalasi Komputer Anda akan reboot dan akan mempersiapkan pengaturan2. Jadi silahkan menunggu beberapa saat.

  7. Sekarang akan membawa Anda untuk mempersonalisasi pengaturan desktop Anda. Silahkan pilih “Express settings” yang pada layarnya tertera keterangan tentang apa saja settingan akan dilakukan.

  8. Tidak seperti sistem operasi lain, pada Windows 8 Anda dapat login menggunakan account Windows Live. Jadi, Anda dapat memasukkan informasi account Windows Live Anda.

  9. Jika tidak ingin menggunakan metode login ini, silahkan klik pada “I don’t want to log in with a Windows Live ID”.

    Anda dapat memilih “Local account” untuk membuat Username dan Password untuk login ke Windows Anda.

    Setelah semua informasi telah dimasukkan, klik “Next”.
  10. Sekarang Windows akan mengkonfigurasi pengaturan Anda


  11. Setelah semuanya di setup, maka kita akan disuguhkan tampilan Desktop Windows 8.
Selamat! Anda sekarang telah berhasil menginstal Windows 8 di komputer Anda.
Semoga Cara Instal Windows 8 diatas bisa bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)